Selasa, 20 September 2011

Kosankoe

Menuntut ilmu merupakan kewajiban bagi setipa umat manusia. Pepatah mengatakan tuntutlah ilmu sampai ke Bandung negeri Cina karena ilmu bisa didapat di mana saja. Setiap orang berusaha menuntut ilmu sebaik mungkin agar mereka dapat bertahan dalam persaingan hidup yang makin ketat.
Banyak Kota-kota yang menjadi tujuan menuntut ilmu bagi pelajar dan mahasiswa sebab diayakini memiliki  pendidikan berkualitas ,diantaranya  Bandung. Perguruan tinggi favorit mampu menyedot kehadiran urban mahasiswa di kota berhawa sejuk ini. Perguruan tinggi yang dianggap favorit di Bandung, di antaranya   ITB, Unpad, UPI, Unpar,dll.
Mahasiswa yang datang dari luar bandung harus memiliki tempat tinggal. Mahasiswa bisa menumpang di rumah keluarganya di Bandung bagi yang punya keluarga di Bandung, tetapi bagi para mereka yang tidak memiliki sanak saudara  di Bandung mereka biasanya ngekos.
“saya kan asli Kalimantan, di Bandung cuma untuk kuliah  kalau  minta beliin rumah males ngurusin sendiri, mending ngekos, sibuk sih.” Ryan, seorang mahasiswa ITB, lebih memilih ngekos daripada membeli rumah yang harus diurusi. waktu kuliah memang cukup menyita banyak waktu.
“Yang penting akses ke kampus gampang, dekat, dan angkot sampai malam pulang pergi ke kampus ada, yang jaga malam juga harus ada biar aman, akses internet supaya bisa ngerjain tugas di kosan, yang pasti tempat tidur, lemari, TV kalau bisa, dan juga yang nggak kalah penting adalah kamar mandi di dalam supaya nggak ngantri kalau bangun kesiangan. “ , Amadea, mahasiswi SITH ITB semester 9 menggangap fasilitas, keamanan, dan akses adalah yang paling penting dalam memilih kosan. Masalah harga kosan di Bandung memang relatif tinngi dibandingkan kota pelajar lain. Jadi,  kita harus pandai memilih kosan yang sesuai dengan kebutuhan juga keadaan ekonomi. (Yudan, Artemis)  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar