Selasa, 20 September 2011

Workshop Jurnalistik Unpad



 Fikom Universitas Padjadjaran  jurusan Jurnalistik menyelengarakan workshop jurnalistik untuk pelajar di Kota Bandung  dengan mengangkat tema penulisan berita langsung dan foto jurnalistik.  Acara workshop diselenggarakan Senin, 19 September 2011 dan dihadiri  oleh beberapa SMA di Bandung, diantaranya SMAT Krida Nusantara. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan untuk para jurnalis muda. Mereka menghadirkan narasumber profesional  di bidangnya, bapak Rana Akbari Fitriawan S.Sos, M.Si. seorang yang sudah berpengalaman bertahun-tahun menulis berita dan Kang Adi Marsiela, seorang fotografer profesional yang sudah bertahun-tahun berkecimpung di bidangnya.


Acara yang disponsori oleh beberapa media massa seperti VivaNews, PIikiran Rakyat,dll .benar- benar meningkatkan kemampuan para jurnalis muda dengan tidak hanya memberikan materi tapi juga praktik getting berita dan membuat berita langsung.
Buyung (peserta parade jurnalistik) sedang hunting foto jurnalistik (19/9)
Acara dimulai oleh pemateri Bapak Rana Akbari Fitriawan S.Sos., M.Si. beliau memberikan materi cara penulisan berita, beliau juga menjelaskan tentang berita langsung, hal hal yang perlu diingat dalam menulis berita, etika jurnalis, dll. Kemudian dilanjutkan denga sesi tanya jawab. 


Rana Akbari Fitriawan S.Sos.,M.Si. memberikan materi ke peserta sseminar.
Acara dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Kang Adi Marsiela, beliau menyampaikan materi foto jurnalistik. Beliau memberikan tips-tips mengambil foto yang benilai berita tetapi tetap terlihat indah.  Kang Adi menjelaskan  Bagaimna satu foto dapat mewakili seribu bahasa. Peserta sangat antusia dan bertanya seputar teknik memotret kejadian yang bernilai berita.


kang Adi Marsiela sedang memberikan materi ke peserta (19/9)
Acara dilanjutkan dengan praktik membuat berita langsung. Para peserta ditemani satu panitia, sebelum mempraktikan getting berita  peserta  briefing terlebih dahulu kemudian peserta mulai mencari berita di sekitar tempat acara, mewawancarai salah satu narasumber, dan mengolah data yang didapat menjadi  artikel berita langsung.
Para peserta ditemani salah satu panitia mencari kejadian menarik untuk dijadikan berita.
Para peserta mengolah data yang menjadi berita langsung dibantu panitia.
Berita langsung yang dibuat para peserta dikumpulkan kemudian dikoreksi, baik dari isi, penulisan, bahasa, maupun foto beserta captionnya. Para peserta mengikuti dengan tertib setiap kegiatan . "Saya pikir acara pelatihan jurnalis dengan praktik seperti ini jarang. Saya benar benar merasa terbantu dan sebenarnya acara ini memang asyik, nggak boring, dan bermanfaat. Pokoknya keren deh ! saya harap acara  seperti ini sering sering diadakan, gratis pula. Ha ha ha... " , ujar Rahmat,  peserta seminar workshop jurnalistik. (Yudan, Artemis)

3 komentar:

  1. Kegiatan yang meninsipirasi pelajar yang ingin memahami jurnalistik

    BalasHapus
  2. Keren banget kegiatan workshop-nya..., coba ada di daerah tempat gue tinggal... gue pasti ikutan tuh..!!!

    BalasHapus